Cara Membuat Proyek Scratch Mudah dan Sederhana

Mau coba bikin proyek di Scratch tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang aja, di blog ini kita bakal bahas cara membuat proyek Scratch yang gampang banget dan cocok buat pemula. Gak perlu pusing, cukup ikuti langkah-langkahnya, dan kamu udah bisa bikin animasi, game, atau cerita seru sendiri. Yuk, kita mulai!

APA ITU SCRATCH?

Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dirancang untuk anak-anak dan pemula. Dengan Scratch, kamu bisa membuat animasi, permainan, dan cerita interaktif hanya dengan menyusun blok kode seperti puzzle. Menarik, kan? Kamu tidak perlu mengetik kode rumit—cukup drag and drop (seret dan lepaskan) blok-blok kode untuk membuat proyekmu menjadi luar biasa.

Pada kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat proyek Scratch yang cocok buat pemula. Simak dan baca sampai habis blog kali ini ya! 

Berikut adalah langkah-langkah membuat permainan sederhana di Scratch yang bisa kamu coba:

1. Buka Scratch dan Mulai Proyek Baru

•Kunjungi situs Scratch dan klik Create untuk memulai proyek baru.

•Jika belum punya akun, kamu bisa membuat akun agar bisa menyimpan dan berbagi proyek.

2. Pilih atau Buat Sprite

Sprite adalah karakter atau objek dalam permainan. Misalnya, untuk permainan ini, kamu bisa memilih sprite karakter utama dan sprite musuh.

•Klik ikon Sprite di bawah panggung untuk memilih sprite.

•Pilih sprite dari perpustakaan atau gambar sendiri menggunakan ikon pen.

3. Pilih Latar Belakang (Backdrop)

•Pilih Backdrop yang sesuai dengan tema permainan, misalnya latar belakang luar angkasa atau taman.

•Klik ikon Backdrop di bawah panggung dan pilih dari perpustakaan.

4. Tambahkan Perintah untuk Menggerakkan Sprite

•Agar karakter utama (misalnya, pemain) bisa bergerak, kamu perlu menambahkan perintah kode.

•Pilih sprite karakter utama.

•Klik tab Code di sebelah kiri.

•Tambahkan blok when green flag clicked untuk memulai permainan saat bendera hijau diklik.

•Tambahkan blok forever untuk membuat gerakan terus berlangsung selama permainan.

•Di dalam blok forever, tambahkan blok if key pressed untuk menggerakkan sprite.

Misalnya, pilih if key (right arrow) pressed dan tambahkan blok move 10 steps untuk gerakan ke kanan. Ulangi langkah ini untuk tombol kiri, atas, dan bawah.

5. Menambahkan Musuh atau Rintangan

•Pilih atau buat sprite musuh atau rintangan.

•Letakkan musuh di posisi acak di panggung atau buat gerakan musuh secara otomatis dengan menggunakan blok glide atau move.

•Untuk membuat musuh bergerak secara otomatis, kamu bisa menambahkan kode berikut pada sprite musuh:

when green flag clicked → forever → move (x) steps (sesuaikan dengan kecepatan yang diinginkan).

•Gunakan blok if touching (player) untuk mendeteksi tabrakan antara musuh dan karakter utama.

6. Menambahkan Skor

•Tambahkan variabel score untuk mencatat jumlah skor.

•Klik Variables di sebelah kiri, lalu klik Make a Variable dan beri nama "score".

•Pada kode sprite karakter utama, tambahkan blok change score by 1 setiap kali karakter melewati musuh atau mencapai tujuan tertentu.

7. Menambahkan Efek Suara

•Untuk membuat permainan lebih seru, kamu bisa menambahkan efek suara.

•Pilih tab Sound dan pilih suara dari perpustakaan atau upload suara sendiri.

•Tambahkan blok play sound untuk memainkan suara ketika karakter berinteraksi dengan musuh atau mencapai tujuan.

8. Menambahkan Kemenangan atau Kekalahan

•Tentukan aturan kemenangan atau kekalahan. Misalnya, jika karakter bertabrakan dengan musuh, permainan berakhir.

•Gunakan blok if touching (enemy) → stop all untuk menghentikan permainan jika karakter bertabrakan dengan musuh.

Untuk kondisi menang, kamu bisa menambahkan aturan tertentu, seperti mencapai titik tertentu di panggung dan menampilkan pesan You Win!.

9. Uji Permainan

•Klik green flag untuk menguji permainanmu. Pastikan karakter bergerak sesuai perintah, musuh muncul, dan aturan permainan berjalan dengan baik.

10. Simpan dan Bagikan

•Setelah selesai, klik File → Save now untuk menyimpan permainanmu.

Jika ingin membagikan permainan, klik Share di sudut kanan atas dan pilih Copy Link untuk membagikan proyek dengan teman atau keluarga.
---
Contoh Sederhana Kode Permainan

Gerakan Karakter:

when green flag clicked → forever → if key (right arrow) pressed → move 10 steps


Musuh Bergerak:

when green flag clicked → forever → move 10 steps → if on edge, bounce


Skor:

when green flag clicked → set score to 0 → if touching (enemy) → change score by 1


Game Over:

if touching (enemy) → stop all → tampilkan pesan Game Over




---

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu sudah bisa membuat permainan sederhana di Scratch! Jangan ragu untuk bereksperimen dan menambahkan elemen kreatif lainnya, seperti level, power-up, atau efek visual. Selamat mencoba! Goodluck!